Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pasang Gigi Palsu Bandung

Contoh pasang gigi palsu bandung

Gigi palsu atau yang disebut dengan denture merupakan alat yang digunakan untuk menggantikan gigi serta jaringan gusi yang hilang. Fungsinya sendiri dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang dan mengatasi gangguan makan. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan pasang gigi palsu Bandung, lebih baik perhatikan hal-hal ini dulu.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pasang Gigi Palsu Bandung

Terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk pasang gigi palsu Bandung, antara lain:

  1. Pahami Tujuan dan Indikasi Pemasangan

Seperti yang kita pahami bahwa gigi palsu ini berfungsi untuk memperbaiki fungsi gigi dalam berbicara dan mengunyah. Kemudian juga memiliki fungsi untuk menggantikan gigi yang hilang serta memperbaiki estetika penampilan.

Prosedurnya sendiri umumnya dilakukan oleh orang-orang yang berusia di atas 60 tahun. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan hal tersebut juga diperlukan oleh remaja dan anak-anak yang mengalami patah gigi.

Beberapa indikasi lainnya yang memerlukan prosedur pasang gigi palsu Bandung ini adalah gigi busuk, adanya masalah pada saluran akar gigi, dan juga penyakit gigi lainnya. Jenisnya juga akan bergantung pada penyebab serta jumlah gigi yang hilang.

  1. Peringatan Penggunaan

Sebelum menggunakan gigi palsu, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal pertama yaitu proses makan akan menjadi sedikit tidak nyaman. Masalah tersebut dapat berlangsung dalam beberapa minggu.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan mengalami kesulitan dalam berbicara. Masalah tersebut dapat diatasi dengan sering berlatih mengucapkan kata atau kalimat. Apabila ada keluhan yang terus berlanjut, lebih baik segera periksa.

  1. Prosedur Sebelum Pemasangan

Sebelum melakukan prosedur pemasangan, dokter biasanya akan mengukur rahang dan membuat model gigi dari lilin. Langkah tersebut memiliki tujuan untuk memastikan bahwa ukuran gigi palsu sudah sesuai.

Kemudian, ada beberapa pasien yang membutuhkan tindakan cabut gigi. Sedangkan untuk jenis yang lengkap, pasien hanya perlu mencabut gigi yang masih tersisa saja. Langkah tersebut akan disesuaikan dengan gigi ataupun rahang pasien.

  1. Prosedur Pemasangan

Prosedur yang akan dilakukan bergantung dengan jenis yang digunakan. Apabila sebagian, maka gigi akan dikaitkan dengan gigi tetap dengan memakai pengait logam. Sedangkan jika jenis lengkap, maka dokter akan mencabut semua giginya terlebih dulu.

Akan tetapi, prosedur ini tetap harus menyesuaikan kondisi struktur gigi, karena tulang dan juga gusi akan mengecil setelah adanya proses pencabutan.

  1. Prosedur Setelah Pemasangan

Baik jenis gigi sebagian ataupun lengkap, tetap membutuhkan perawatan secara rutin. Caranya sendiri cukup mudah yaitu dengan membersihkan lidah, gusi, dan juga langit-langit mulut dengan menggunakan sikat gigi berbulu lembut.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk pasang gigi palsu Bandung. Semoga bermanfaat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pasang Gigi Palsu Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top