Penggunaan Besi CNP Untuk Konstruksi Rangka Atap: Bagaimana Cara Menghitungnya?

Kekokohan dan kekuatan besi CNP menjadi salah satu alasan mengapa besi jenis ini sangat cocok digunakan untuk konstruksi rangka atap. Dalam proses pembuatan konstruksi tersebut, ketepatan jumlah kebutuhan besi ini sangatlah penting. Berikut cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghitung kebutuhan CNP untuk rangka atap secara efektif.

#1. Menentukan Ukuran Atap

Untuk memperoleh hasil penghitungan yang tepat, Anda harus memulai dari menentukan ukuran atap yang akan dipasangi rangka besi CNP. Hal ini penting karena ukuran atap yang Anda buat akan berpengaruh pada panjang dan lebar rangka yang digunakan. Jadi, pastikan Anda mengukur atap Anda dengan benar sebelum memulai proses konstruksi.

#2. Menentukan Bentuk Atap

Selain ukuran, bentuk atap yang akan Anda buat juga akan turut mempengaruhi ukuran besi yang akan dipasang. Bentuk-bentuk atap yang berbeda seperti miring, melengkung, dan datar akan berdampak pada penentuan konfigurasi dan pemilihan komponen kerangka.

#3. Menghitung Luas Atap

Setelah mengetahui ukuran atap, Anda bisa melanjutkan langkah berikutnya dengan mengukur luas atap. Anda bisa memperoleh ukuran luas atap tersebut dengan mengalikan panjang dan lebarnya. 

#4. Menentukan Jarak Antar Besi

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah menghitung jarak antar besi CNP yang akan digunakan pada konstruksi rangka atap. Pada umumnya, kontraktor membuat jarak antar besi pada kisaran 60 cm sampai 120 cm. 

Penentuan jarak ini biasanya bergantung pada beberapa faktor, diantaranya adalah beban dan struktural atap. Sehingga, Anda akan perlu lebih banyak CNP untuk konstruksi atap jika ingin membuat jarak yang rapat antara besi-besi tersebut.

#5. Menghitung Kebutuhan CNP

Untuk mengetahui jumlah CNP yang dibutuhkan, Anda bisa membagi luas atap rumah Anda dengan jarak antar besi. Ingat, Anda harus menghitungnya dengan satuan meter. 

Setelah mendapatkan hasilnya, Anda perlu membulatkannya ke atas. Hal ini diperlukan agar Anda dapat memenuhi kebutuhan struktural atap dengan tepat. Selain itu, Anda juga perlu menghitung kebutuhan besi CNP dengan mengalikan jumlah CNP dengan panjang besi tersebut.

Penggunaan Besi CNP Untuk Konstruksi Rangka Atap: Bagaimana Cara Menghitungnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top