Besi UNP : Pengertian Dan Fungsinya Dalam Konstruksi Bangunan

jual besi unp

Meskipun penggunaannya sudah banyak diaplikasikan dalam konstruksi bangunan, ternyata masih ada sebagian orang yang belum terlalu mengenal mengenai apa itu besi UNP dan fungsinya, sehingga mengalami kendala ketika mencari penjual besi unp. Jika Anda termasuk salah satunya, maka bisa menyimak informasi seputar pengertian dan fungsi dari besi jenis UNP di artikel berikut sehingga memudahkan untuk mencari penjual besi unp.

Pengertian besi jenis UNP

Sebagai informasi, besi jenis UNP sendiri merupakan salah satu jenis besi sambungan berbentuk U yang sering digunakan pada proses pembuatan struktur bangunan maupun aplikasi industri. Oleh karena itulah, tidak mengherankan jika pemilihan ukuran besi jenis UNP yang tepat dinilai sangat memengaruhi hasil akhir dari konstruksi bangunan. Kegunaan utama dari besi jenis UNP sendiri, yakni sebagai sambungan atau dudukan ketika akan membangunan atap bangunan. 

Apa saja fungsi besi UNP dalam konstruksi bangunan?

Jika berbicara mengenai fungsi dari besi jenis UNP sendiri, umumnya tidak memiliki fungsi secara spesifik. Hal ini mengartikan, jika semua orang bisa menggunakan besi baja ini untuk berbagai keperluan sesuai keinginan dan kebutuhan. Kendati demikian, jika disimpulkan secara garis besar, fungsi dari besi jenis UNP ini ada dua yang bisa Anda lihat di penjelasan di bawah ini. 

  1. Pekerjaan struktur

Fungsi besi jenis UNp yang berkaitan erat dengan pekerjaan struktur, biasanya sering kali digunakan untuk beberapa pengaplikasian seperti konstruksi dak, kantilever bangunan sampai dengan bracing kolom. Bahkan ketika Anda mampu mengombinasikan besi jenis UNP dengan bahan material yang lain, maka penggunaannya bisa dimanfaatkan sebagai penutup atap atau purlin dan juga struktur pada anak tangga.

Di samping itu, pada beberapa konstruksi bangunan sendiri, penggunaan besi jenis UNP juga sering kali digunakan sebagai struktur anti gempa bumi. Ini wajar, dikarenakan besi jenis UNP memiliki daya kekuatan yang tinggi dalam menahan gempa. 

  1. Pekerjaan arsitektur

Selain digunakan untuk pekerjaan struktur, penggunaan besi jenis UNP juga sering digunakan pada pekerjaan di bidang arsitektur, meskipun memiliki karakteristik profil baja yang dinilai kurang tepat. Sementara jika dikaitkan dengan pekerjaan estetika, besi baja ini sering kali diterapkan pada pembuatan komponen tertentu. Baik itu seperti halnya rangka pintu besi, rak barang, pagar, rangka kanopi dan lain – lain.

Hal menarik yang bisa Anda ketahui mengenai besi jenis UNP satu ini, yakni juga sering digunakan dalam bidang pekerjaan otomotif seperti halnya konstruksi bak mobil truk maupun pick up. Penggunaan besi jenis UNP untuk bidang otomotif ini bukan tanpa alasan, yakni karena besi tersebut menawarkan daya kekuatan yang cukup unggulan. 

Demikianlah tadi informasi penting bagi Anda seputar pengertian dan juga beberapa fungsi besi UNP. Sehingga dengan adanya informasi ini, Anda sudah tidak bingung jika ditanya seputar besi jenis UNP dalam konstruksi bangunan. 

Besi UNP : Pengertian Dan Fungsinya Dalam Konstruksi Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top