Hitung Dulu Kebutuhan Genteng Pasir Sebelum Membelinya. Ini Rumusnya!

genteng metal pasir

Genteng metal pasir dijual per lembar. Nah, lalu berapa lembar genteng yang Anda perlukan untuk sebuah proyek konstruksi? Bagaimana cara menghitung kebutuhan genteng metal pasir untuk kebutuhan sebuah proyek? Berikut ini kami tunjukkan cara menghitungnya agar Anda bisa membeli genteng sesuai kebutuhan. 

Ketahui Dulu Luas Atap dan Bangunan Yang Akan Dipasangi Genteng 

Menghitung luas atap dan bangunan yang akan dipasangi genteng sangat penting. Hasil dari perhitungan ini bisa digunakan untuk menentukan jumlah genteng metal pasir yang Anda butuhkan.

Misalnya, Anda memiliki sebuah rumah dengan luas bangunan 7 meter x 10 meter. Struktur atap atau overstek dari rumah tersebut masing-masing 50 cm atau 0.5 meter. Ketahui juga sudut kemiringan atapnya. Misalnya saja, sudut kemiringan atap di rumah Anda adalah 35 derajat. 

Hitung Kebutuhan Genteng Metal Pasir yang Anda Perlukan 

Karena data yang diperlukan sudah ada, kini saatnya menghitung kebutuhan genteng pasir yang akan digunakan dalam proyek pembangunan rumah Anda. 

Contoh, Anda menggunakan spesifikasi genteng metal pasir tipe 2 x 5 dengan 10 daun. Luasnya adalah 77 x 100 cm atau 0.7 meter persegi. Untuk 1 meter persegi, dibutuhkan 1.3 lembar genteng. Berikut rumus perhitungannya. 

Lebar: 7 meter (+0.5 + 0.5) = 8 meter 

Panjang: 10 meter (+0.5 +05) = 11 meter 

Maka luasan datar adalah 8 x 11 = 88 meter2

Rumus luas atap: luasan datar/cos(35, maka 88/cos(35 = 107 meter2

Rumus menghitung kebutuhan genteng metal pasir: luasan atap x jumlah genteng untuk 1 meter persegi, jadi: 107 x 1.3 = 139 lembar. 

Jadi untuk ukuran atap 7 x 10 meter, Anda memerlukan genteng pasir sebanyak 139 lembar. 

Menghitung Kebutuhan Nok 

Setelah menghitung kebutuhan genteng metal pasir, Anda juga wajib menghitung kebutuhan noknya. Kebutuhan nok tergantung dari panjang atapnya. Misalnya saja panjang atap 12 meter dengan spesifikasi nok 110 cm atau 1.1 meter. Untuk spesifikasi ini, Anda memerlukan nok genteng metal pasir sebanyak 12 buah. 

Jadi, sekarang Anda tidak perlu mengira lagi berapa jumlah genteng metal pasir yang Anda butuhkan. Beli sesuai hitungan sehingga genteng pasir tidak sisa banyak ataupun kurang.

Hitung Dulu Kebutuhan Genteng Pasir Sebelum Membelinya. Ini Rumusnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top