Prosedur Pemasangan Gigi Palsu Permanen dan Biayanya

prosedur pemasangan implan gigi

Pemasangan implan gigi pernah menjadi tren pada masanya, tetapi banyak yang mengira ini hanya sebagai nilai estetika semata. Lebih dari itu, pemasangan gigi palsu bermanfaat memperbaiki fungsi gigi sebagai pengunyah makanan, mengembalikan kemampuan bicara agar normal, melindungi gigi asli yang tersisa, serta menambah kepercayaan diri. Tak heran apabila banyak orang yang mulai memilih pemasangan gigi palsu permanen.

Akan tetapi, pemasangan secara permanen rasanya tidak mungkin untuk dicabut lagi setelah memutuskan, apakah masih ada orang yang berani memilihnya? Tentu masih banyak orang yang akan memilihnya karena beberapa alasan pribadi yang tak perlu dipermasalahkan. Eits, tetapi apa sih gigi palsu permanen itu dan bagaimana prosedur pemasangan implan gigi?

  • Prosedur Pemasangan gigi palsu permanen

Perlu diketahui, apabila gigi palsu adalah gigi tiruan yang bisa dilepas atau dipasang guna menggantikan gigi yang lepas. Dalam hal ini, terdapat dua jenis gigi palsu yang disebut gigi palsu lepasan. Gigi lepasan lebih disarankan karena tidak sulit menggantinya lagi apabila tidak cocok. Eits, tetapi apabila Anda ingin gigi yang lebih tahan lama dan awet serta malas untuk berganti, pemasangan gigi palsu permanen sangat disarankan. Untuk lebih jelasnya Anda bisa memahami prosedurnya sebagai berikut:

  1. Tentunya, hal pertama yang akan dokter gigi lakukan adalah memasang rahang pasien, lalu membuat model gigi palsu berbahan lilin sebagai uji coba untuk pasien. Model ini memiliki fungsi untuk menyesuaikan bentuk gigi palsu dengan rahang pasien sebelum gigi palsu dicetak.
  2. Lalu, beberapa pasien akan melewati pencabutan gigi lebih dulu sebelum mendapatkan jenis gigi palsu yang tepat. Akan tetapi, pasien akan memanfaatkan gigi palsu yang kabar baiknya bisa dipertimbangkan oleh rumah sakit dalam menjalani cabut gigi yang masih ada, menyesuaikan kondisi gigi serta rahang pasien.
  3. Terakhir, dokter akan mencetak gigi palsu dengan bahan plastik, logam, atau nilon. Kemudian, dokter akan memastikan keadaan kesehatan mulut melakukan gigi palsu.

Sedangkan untuk seterusnya, dalam pemilihan pemasangan implan gigi sebagiannya bergantung pada pasien.

  • Biaya pasang gigi palsu

Sekadar informasinya, jenis gigi palsu tidak hanya satu, melainkan ada beragam dan dengan harga yang berbeda pula. Hal tersebut dikarenakan jenis gigi palsu berasal dari bahan yang berbeda. Pertama, harga gigi palsu permanen yang berkisar antara Rp 8,5 juta sampai Rp 21 juta untuk implan gigi, sementara untuk crown antara Rp 1,9 juta hingga Rp 2 juta setiap giginya. Kedua harga gigi palsu lepasan yang memiliki bahan porselen akrilik dengan total harga Rp 1,2 juta sampai Rp 1,35 juta. 

Apabila Anda kesulitan dalam masalah keuangan, Anda bisa mengikuti program BPJS dari rumah sakit yang terpilih. Nah, maka dari itu dalam memilih pemasangan implan gigi permanen perlu  memperhatikan banyak hal, jangan gegabah.

Prosedur Pemasangan Gigi Palsu Permanen dan Biayanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top