Griddle Electric Dan Skillet Electric, Apa Perbedaannya?

skillet vs griddle

Baik griddle electric maupun skillet electric adalah alat masak yang sangat bermanfaat. Keduanya sama-sama mudah digunakan, mempercepat durasi masak, dan mudah dibersihkan. Kalau begitu, harus pilih yang mana untuk dapur Anda, ya?

Apa Itu Skillet Electric?

Skillet electric merupakan skillet dengan elemen pemanas elektronik yang disangga dengan empat kaki kecil di bagian bawahnya. Bagian penyangga skillet ini terinsulasi dari panas.

Jenis alat masak yang satu ini cocok untuk menumis atau menggoreng. Pasalnya, permukaannya cekung ke bawah sehingga dapat menampung minyak untuk menggoreng dengan lebih baik. Dan karena menggunakan sumber panas dari listrik, temperaturnya akan terus konsisten selama memasak sehingga cocok juga digunakan untuk menjaga makanan selalu hangat. 

Untuk mengatur temperatur atau panasnya, terdapat setting atau knob untuk membantu Anda menentukan suhu yang diinginkan.

Apa Itu Griddle Electric?

Sedangkan griddle electric atau griddle elektronik adalah alat masak dengan permukaan atas yang rata dan ukurannya relatif besar. Permukaan griddle yang mulus dan datar berbeda dari permukaan skillet yang cekung ke dalam. Sementara itu, dinding-dinding bagian tepinya cenderung sempit. 

Dan seperti yang ditunjukkan oleh namanya, griddle elektrik mendapatkan panas dari listrik. Kemudian listrik tersebut digunakan oleh elemen pemanas yang ada di bawah permukaan memasak untuk memanaskan masakan yang sedang dibuat.

Serupa dengan skillet electric, griddle elektronik juga memiliki pengaturan suhu. Dengan begitu, Anda bisa atur temperatur memasak sesuai keinginan selama memasak. Tak hanya itu saja, griddle elektronik juga bisa memastikan bahwa panas terdistribusi secara merata ke seluruh permukaannya.

Karena desain permukaannya, griddle elektrik cocok digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan. Misalnya telur, bacon, pancake, dan toast. Kemudian griddle elektronik juga memiliki cawan atau wadah untuk menampung minyak atau lemak yang keluar dari makanan saat memasak.

Pilih yang Mana?

Kalau begitu, sebaiknya Anda pilih yang mana ya antara skillet electric atau griddle electric? Masing-masing tentu memiliki karakteristiknya beserta keunggulannya masing-masing. Pada akhirnya, keputusan untuk memilih antara skillet atau griddle kembali pada preferensi memasak Anda.

Griddle Electric Dan Skillet Electric, Apa Perbedaannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top