Tips Memilih Ice Cube Machine Sesuai Kebutuhan!

ice cubes

Membutuhkan es batu atau ice cube dalam jumlah banyak, dan pastinya praktis digunakan, pastinya ice cube machine akan menjadi alat yang tepat. Tapi untuk memilih dan membelinya, Anda perlu memperhatikan hal hal berikut ini.  

  1. Pilih berdasarkan tujuan penggunaan

Mungkin  tidak banyak dari Anda yang menyadari, bahwa saat ini ada 2 jenis mesin pembuat es batu atau ice cube dari sisi tujuan penggunaan, yaitu non portable dan portable.

Bagi Anda yang saat ini mempunyai usaha restoran, atau juga cafe, maka mesin non portable ini cocok Anda gunakan. Yang kedua yaitu portable, ini akan menjadi alat pembuat ice cube yang pas untuk dibawa kemana saja, atau untuk acara outdoor, karena bentuknya yang compact dan mudah dibawa kemana saja.    

  1. Pilih berdasarkan jenis es batu yang diinginkan  

Selain berdasarkan tujuan penggunaan, jenis ice cube atau es batu juga dibagi menjadi 2. Jenis ice cube machine yang pertama, yaitu mesin yang dapat membuat es batu dengan warna putih, ini adalah jenis es batu yang biasanya Anda temukan. Proses pembuatannya juga terbilang cepat.

Yang kedua, yaitu ada es batu Kristal. Seperti namanya, maka warna dari es batu ini jernih seperti Kristal. Selain itu, keunggulan dari jenis es yang satu ini tidak mudah meleleh.

  1. Perhatikan kapasitas mesin

Perhatikan juga kapasitas mesin es batu tersebut. Beberapa mesin mampu menghasilkan sekitar 30 kg es batu dalam sehari, namun ada juga yang mampu menghasilkan lebih dari 30 kg per hari. Bahkan hingga sekitar 100 kg per hari.

Untuk hal yang satu ini, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, untuk penggunaan pribadi, atau untuk bisnis minuman dengan skala kecil, sebaiknya pilih yang kapasitasnya kurang dari 30 kg per harinya. Sedangkan jika Anda mempunyai bisnis restoran atau cafe dalam skala besar, sebaiknya beli mesin es batu yang kapasitasnya lebih besar.  

  1. Perhatikan kecepatan mesin

Selain kapasitas, cek juga kecepatan mesin tersebut ketika membuat es batu. Ada yang mampu memproduksi hanya dalam waktu 6 menit, 10 menit, dan ada juga yang lebih lama.

Salah satu hal yang cukup mempengaruhi kecepatan pembekuan es tersebut, yaitu suhu ruangan. Jadi ketika Anda ingin menggunakan mesin tersebut untuk membuat es batu. Sebaiknya sedari awal, siapkan ruangan khusus, dengan suhu yang tepat, agar proses pembuatan es batu juga lebih cepat.

  1. Cek tingkat kebisingan

Tahukah Anda, ketika mesin ice cube tersebut dinyalakan, akan mengeluarkan suara yang cukup bising. Jadi ketika Anda ingin menggunakannya, sebaiknya gunakan hanya pada siang hari saja. Atau Anda dapat mengecek tingkat kebisingan tersebut, dari nilai ‘dB’, sebelum membeli mesin tersebut.

  1. Cek harga produk

Hal lain yang pastinya tidak kalah penting, yaitu cari tahu, harga dari mesin pembuat es batu tersebut. Pastikan harganya sesuai den budget yang sudah disiapkan di awal. Atau sebelum membelinya, Anda sebaiknya mencari tahu kisaran harganya terlebih dahulu.

Dari penjelasan di atas, tentunya membeli dan memilih Ice cube machine yang sesuai kebutuhan, tidak terlalu sulit. Jangan lupa, Anda harus membelinya di toko atau tempat yang tepat, agar kualitas produk tetap terjaga dengan baik.

Tips Memilih Ice Cube Machine Sesuai Kebutuhan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top