Berapa Jasa Print Buku? Inilah Penjelasan dan Tips Memilihnya

buku kertas putih

Mempunyai buku sendiri adalah impian semua orang, apalagi buku yang dibuat bisa bermanfaat kepada orang lain. Untuk mewujudkan hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan jasa print buku terpercaya. Lantas bagaimana caranya dan berapa harganya? Simak dalam ulasan berikut ini! 

Lebih Baik Mencetak Sedikit atau Langsung Banyak? 

Ketika Anda memutuskan untuk print dan mencetak buku, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencetak dalam jumlah sedikit atau langsung banyak. 

Biasanya dari segi harga, mencetak dalam jumlah sedikit membutuhkan biaya lebih banyak daripada mencetak dalam jumlah yang langsung banyak. 

Jika menggunakan jasa percetakan, penulis maupun penerbit bisa menghasilkan jumlah buku yang besar dengan biaya yang lebih efisien. 

Percetakan mempunyai kemampuan mencetak dalam jumlah yang besar hanya dalam waktu singkat. Kondisi yang demikian sangat berguna, terlebih jika permintaan tinggi atau jika buku akan didistribusikan dengan luas. 

Jika penulis mencetak dalam jumlah banyak, maka penulis bisa mengurangi biaya produksi per buku serta meningkatkan potensi keuntungan. 

Bukan hanya itu, mencetak dalam jumlah yang besar memungkinkan penulis mempunyai persediaan buku yang cukup dalam memenuhi permintaan pasar secara cepat. 

Jadi, untuk print dan mencetak buku bisa menyesuaikan sesuai kemampuan Anda. Jika mau biaya sedikit bisa mencetak langsung banyak, namun jika takut tidak laku bisa mencetak dalam jumlah sedikit demi sedikit terlebih dahulu. 

Memilih Jasa Print Buku Sesuai Kualitas 

Menggunakan jasa print dan percetakan buku yang sesuai kualitas memang cukup susah. Maka dari itu, Anda harus paham bagaimana tips memilih jasa cetak buku yang berkualitas, perhatikan cara berikut : 

  1. Carilah beberapa rekomendasi percetakan buku, kemudian bandingkan satu jasa dengan jasa yang lainnya. Caranya bisa melalui internet dengan melihat informasi yang diberikan pada website tersebut. 
  2. Cek harga yang sesuai dengan kantong Anda. Maksudnya, cari tahu informasi harga pada website tersebut dan perhatikan berapa paket harga yang ditawarkan masing-masing percetakaan. 
  3. Cek portofolio satu per satu dari setiap percetakaan yang telah Anda temui. Portofolio biasanya ada dalam website, cek bagaimana kualitas kertas sampai tinta yang dihasilkan. 

Berapa Biaya Jasa Print dan Cetak Buku? 

Berhubungan dengan jasa print dan cetak buku, paling penting adalah memahami dahulu berapa harga jasa yang ditawarkan. Seperti di atas, untuk jasa print biasanya menyesuaikan dengan jumlah eksemplar yang Anda print. 

Semakin banyak tentu semakin murah dan lebih sedikit tentu semakin mahal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mencetak buku perhatikan dahulu kemampuan dari segi finansial Anda. 

Sedangkan untuk biaya mencetak buku biasanya dipengaruhi oleh faktor berikut : 

  1. Kertas yang digunakan. Masing-masing kertas mempunyai kualitas dan harga yang berbeda, tentunya ini akan mempengaruhi harga print dan cetak buku. 
  2. Jilid buku. Jika print dan sekalian jilid buku pasti harganya lebih mahal daripada hanya print buku saja. 
  3. Jumlah Halaman. Semakin banyak halaman yang di print biasanya akan semakin murah, sedangkan semakin sedikit halaman akan semakin mahal. Begitu juga saat Anda memutuskan mencetak buku, semakin banyak mencetak semakin murah. 

Demikianlah penjelasan tentang jasa print buku yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat! 

Berapa Jasa Print Buku? Inilah Penjelasan dan Tips Memilihnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top