Mengenal Komponen – komponen Penting Pada Alat Penghisap Debu

penghisap debu

Sebagian orang mungkin hanya menganggap, bahwa alat penghisap debu memiliki cara kerja yang terlihat gampang yakni dengan menyedot debu dan kotoran. Namun jika ditelusuri lebih mendalam, alat ini memiliki komponen penting yang tidak banyak orang tahu. Penasaran apa saja komponen penting pada alat ini, cari tahu jawabannya di artikel berikut.

Apa saja komponen penting pada alat khusus penghisap debu?

Perlu Anda ketahui, bahwa alat khusus penghisap debu atau sering dikenal dengan istilah vacuum cleaner umumnya memiliki cara kerja yang sangat bergantung pada komponen – komponen penting di dalamnya. Penggunaan alat ini, biasanya sering digunakan untuk memberikan karpet, lantai, gorden sampai permukaan sofa sekalipun. Adapun beberapa komponen penting yang bisa Anda temukan pada alat penghisap debu antara lain sebagai berikut.

1. Intake port

Salah satu komponen vacuum cleaner yang penting yakni ada intake port. Dimana, komponen ini berguna untuk menghisap debut atau bisa juga digunakan sebagai saluran masuk debu.

2. Exhaust port

Selanjutnya Anda juga akan menemukan komponen exhaust port. Yang mana, komponen ini sering digunakan sebagai saluran keluar udara hasil isapan debu, yang mana sebelumnya telah disaring oleh filter.

3. Motor listrik

Motor listrik juga termasuk dalam komponen vacuum cleanser. Dikarenakan, komponen motor listrik ini berguna sebagai penggerak utama mesin vacuum cleaner dan ikut menggerakan kipas di dalamnya.

4. Kipas

Kipas / fan ini, merupakan komponen dalam vacuum cleaner yang memiliki kegunaan utama dalam menghasilkan isapan / udara vacuum clenar. Dan biasanya, komponen ini digunakan untuk menyedot debu maupun kotoran lewat intake port. 

5. Filter

Kemudian, Anda juga akan menemukan komponen lain bernama filter. Fungsi dari komponen ini, yakni untuk memisahkan antara debu dengan udara sebelum udara dikeluarkan lewat exhaust port.

6. Wadah penyimpanan debu

Terakhir, ada komponen wadah penyimpanan debu di dalam vacuum cleaner. Yang mana, kegunaan komponen ini yakni sebagai tempat menyimpan debu / kotoran dari bagian filter.

Itulah tadi beberapa komponen penting yang bisa Anda temukan pada alat penghisap debu lengkap dengan kegunaan di dalamnya.

Mengenal Komponen – komponen Penting Pada Alat Penghisap Debu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top