Wajib Tahu, Ini 4 Faktor Penyebab Genset Semarang Sulit Dinyalakan

genset semarang

Genset Semarang yang mendadak sulit dihidupkan barangkali akan membuat Anda panik dan bingung saat memerlukan suplai listrik tambahan. Sebelum mengaplikasikan solusi, kenali faktor-faktor penyebabnya untuk menekan risiko kerusakan dan menjaga performanya.

  1. Kegagalan aki atau baterai

Penyebab yang paling umum dijumpai adalah kegagalan pada aki atau baterai genset. Biasanya terdapat sambungan longgar dan penumpukan kristal timbal sulfat pada plat baterai. Akibatnya, arus listrik tak akan mengalir dan membuat genset tak kunjung menyala.

Solusi untuk kendala ini dapat dilakukan dengan membersihkan komponen dalam. Namun, Anda bisa saja diminta untuk menggantinya saat kerusakan sudah parah.

  1. Rendahnya tingkat pendingin

Tanpa radiator untuk mendinginkan suhu genset Semarang, mesin berisiko mengalami overheating hingga menimbulkan kerusakan pada mesin. Inilah alasan yang membuat pemeriksaan radiator pada perangkat apa pun tak boleh diabaikan untuk menghindari risiko kegagalan mesin.

Dalam hal ini, Anda juga disarankan menguji genset memakai bank beban eksternal untuk mencapai suhu yang diperlukan untuk membuka termostat yang tertutup.

  1. Bahan bakar yang terkontaminasi

Faktor penyebab lainnya yang perlu Anda antisipasi adalah bahan bakar yang terkontaminasi. Masuknya udara pada mesin saat bahan bakar habis, tersumbatnya asupan udara, dan sistem yang terlalu banyak atau sedikit memasok bahan bakar adalah pemicu-pemicu masalah ini.

Jadi, kalau tak ingin genset Semarang cepat rusak, gunakan bahan bakar asli. Hindari oplosan yang kandungannya tak murni dan meningkatkan risiko mesin gagal.

  1. Matinya pengaturan otomatis

Saklar kontrol utama yang dibiarkan dalam posisi mati atau setel ulang akan membuat pengaturan otomatis mati. Akibatnya, genset tak bisa menyala saat terjadi pemadaman listrik. Anda pun kesulitan untuk menyalakannya saat kebiasaan ini dibiarkan terlalu lama.

Oleh karena itu, periksa panel kontrol secara berkala supaya genset tak berada di mode ‘not in auto’, sehingga suplai listrik tetap terjaga.

Itulah empat faktor penyebab yang membuat genset Semarang sulit dinyalakan. Semoga membantu Anda untuk mengatasinya dengan tepat saat gangguan terjadi.

Wajib Tahu, Ini 4 Faktor Penyebab Genset Semarang Sulit Dinyalakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top